Perbedaan kamera CCTV Tipe AHD, HDCVI, HDTVI dan Analog Standart

Pernah bingung ketika memilih kamera CCTV karena ditawari dengan berbagai macam tipe kamera yang terkadang tidak kita pahami?!

Mungkin artikel ini bisa sedikit membantu, sebenarnya apa sih kamera CCTV AHD, HDCVI, HDTVI dan camera Analog Standart?

AHD atau Analog High Definition adalah pengembangan dari kamera CCTV analog sebelumnya, dimana sebelumnya untuk sebuah kamera CCTV analog yang biasanya menggunakan kabel Coaxial memiliki keterbatasan tingkat resolusi gambar karena dibatasi oleh resolusi standart TV yaitu PAL dan NTSC. Untuk istilah PAL dan NTSC tentunya sering kita lihat pada acuan resolusi standart TV.

Kamera CCTV AHD sebenarnya juga merupakan kamera analog sama seperti kamera CCTV HD lainnya HDCVI dan HDTVI hanya saja resolusinya melebihi standart camera analog standart generasi sebelumnya.

Untuk jenis camera HD yang perlu lebih diperhatikan sebenarnya adalah hasil gambar disaat malam hari, dikarenakan hampir semua camera HD menggunakan sensor CMOS yang kurang terlalu peka terhadap kondisi low light, terkadang beberapa kamera menghasilkan gambar yang banyak noise sehingga hasil gambar terlihat kurang bagus apalagi untuk area yang cukup luas dan letak kameranya cukup tinggi.

Lalu bagaimana dengan HDCVI dan HDTVI

HDCVI dan HDTVI juga merupakan kamera CCTV analog HD hanya saja beda pengembangnya. Dikarenakan beda pengembangnya ketiga camera analog HD termasuk AHD tidak saling compatible apabila dimasukkan kedalam perekam DVR (Digital Video Network) yang tidak se-tipe, namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan DVR bertipe Hybird.

Yang kedua yang perlu diperhatikan lagi adalah DVR yang kita beli mampu merekam dan menampilkan dengan kualitas kamera HD sampai berapa Mega pixel. Untuk saat ini, jenis kamera HD untuk resolusinya ada yang 1MP, 1.3MP, 2MP bahkan ada yang mulai di resolusi 3MP. Apabila DVR-nya tidak mendukung, maka ada kemungkinan tampilan gambarnya tidak keluar atau hasilnya akan berupa gambar hitam-putih.

Untuk CCTV analog sebelumnya ini tidak masalah karena resolusinya 420 TVL,520 TVL, 600 TVL, 700 TVL,720TVL, 800 TVL (CMOS) 1000 TVL (CMOS) yang kesemuanya nantinya tetap akan mengikuti standart TV PAL maupun NTSC.