Penyebab Kapasitas Harddisk DVR Cepat Penuh

Anda baru 3 bulan yang lalu membeli harddisk untuk keperluan DVR / NVR (Media Perekam) CCTV. Kapasitasnya lumayan besar, yaitu 1 Terrabytes (TB), namun kini Anda mengeluh bahwa kapasitas tersebut kurang dan cepat penuh padahal anda hanya memasang 5 kamera CCTV untuk tempat yang Anda miliki. Apa yang salah? Mengapa tiba-tiba kapasitas harddisk menjadi cepat penuh? Berikut ini kami sampaikan 3 alasannya :

Gelap / Terangnya Gambar

Gelap / terangnya gambar menjadi salah satu hal yang kurang banyak disadari oleh pengguna kamera CCTV. Padahal sangat besar kemungkinan harddisk menjadi cepat penuh karena cahaya yang terang membuat sebuah objek kaya akan warna dan hal inilah yang menyebabkan ukuran rekaman CCTV menjadi membengkak. Adanya penggunaan modus gambar hitam-putih (grayscale) lebih irit dalam konsumsi kapasitas penyimpanan harddisk. Kalau Anda tidak percaya, cobalah sekali-kali menggunakan kamera handphone Anda untuk memotret suatu objek, pertama gunakan modus normal, kedua menggunakan modus hitam-putih, kemudian bandingkan ukuran file diantara keduanya. Anda akan terkejut bahwa gambar hitam putih memiliki ukuran file yang lebih kecil karena menampilkan lebih sedikit warna.

Resolusi lensa

Resolusi Lensa mungkin sudah dimengerti oleh kebanyakan orang, biasanya ditentukan dalam jumlah pixel (bila ip camera) dan ditentukan dalam satuan tvl (Television Lines) pada CCTV Analog. Untuk melakukan pengandaian mengapa resolusi berpengaruh terhadap kebutuhan kapasitas harddisk DVR / NVR, maka Anda bisa mencoba untuk memiliki 2 buah kamera dengan ukuran resolusi yang berbeda-beda. Misalnya, yang satu menggunakan kamera handphone, dan yang satunya lagi menggunakan kamera poket / kamera digital. Fotolah suatu objek yang sama untuk kedua kamera tersebut, kemudian bandingkanlah ukuran file diantara keduanya.

Resolusi yang tinggi akan menghasilkan gambar yang jauh lebih detail dibandingkan dengan kamera CCTV yang ber-resolusi rendah. Maka banyak produsen handphone atau kamera digital akhirnya berlomba-lomba menjual kamera mereka dengan tulisan seberapa besar piksel yang ada dalam kameranya. Kenyataannya, besaran resolusi ini berbanding lurus dengan besaran file yang dihasilkan. Semakin detail suatu gambar, maka ukuran file-nya akan semakin besar. Inilah yang membuat hasil rekaman kamera CCTV menjadi boros harddisk.

Seberapa Sering Aktivitas Di Area yang Dipantau

Pada penggunaan kamera CCTV yang sibuk dengan aktivitas, seperti minimarket contohnya, maka recording / proses perekaman dapat berlangsung terus-menerus sampai di ruangan tersebut tidak ada lagi aktivitas yang terjadi. DVR / NVR biasanya akan otomatis merekam gambar yang ditangkap oleh CCTV ketika mendeteksi adanya gerakan yang tertangkap. Bila tidak ada gerakan maka CCTV akan menunggu hingga pada waktu tertentu akan memberhentikan recordingnya.

Oleh sebab itu, apabila di minimarket sering terjadi maka kapasitas harddisk untuk DVR/NVR menjadi cepat penuh. Itu adalah hal yang wajar, karena seringnya aktivitas yang ada pada minimarket seperti pengunjung yang melihat-lihat produk hingga aktivitas pembayaran di kasir akan membuat CCTV menjadi sibuk merekam setiap momen yang ada.