Pengertian CCTV

Apa itu kamera CCTV ?
CCTV singkatan dari Closed Circuit Television. Kamera CCTV biasa digunakan untuk memantau area tertentu dimana CCTV terpasang sesuai jangkauannya. Dalam perkembangannya, Sistem CCTV modern terdiri dari beberapa komponen yang digunakan secara bersamaan untuk mencapai pemantauan yang maksimal dan terdeteksi dengan baik. Secara umum komponennya terdiri dari DVR, kamera, hard disk drive, kabel, monitor dan power supply.

DVR dan Fungsinya
DVR atau Digital Video Recorder mempunyai fungsi yang sangat penting untuk seluruh sistem kamera CCTV. Dalam istilah awam, DVR merupakan jantung dari sistem CCTV. Salah satu fungsi DVR adalah untuk merekam, memutar ulang, dan mengendalikan kamera CCTV. Di pasaran terdapat berbagai jenis DVR, tetapi secara umum memiliki hampir fungsi yang sama.

DVR dan Fitur
Jenis DVR yang modern mempunyai proses kompresi video serendah mungkin, contohnya adalah H.264. Dengan adanya proses kompresi video yang baik, maka rekaman dan playback, durasinya dapat mencapai hitungan bulan, bukan per hari. Anda juga bisa terhubung langsung ke internet, sehingga Anda dapat mengakses kamera CCTV Anda dari jarak jauh menggunakan komputer atau layar ponsel Anda. Fitur-fitur ini dapat memudahkan beberapa orang untuk menjalankan bisnis, walaupun tidak berada di lokasi sekalipun. Ada beberapa fitur yang lebih canggih yang lainnya, seperti kamera CCTV yang mampu mendeteksi gerak (motion detection), video loss alarm, power loss alarm, perekaman secara manual atau perekaman yang terjadwalkan serta beberapa entri lain yang memberikan perlindungan dan keamanan pribadi Anda secara maksimal.