Panduan Memilih CCTV

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera CCTV biasanya merupakan salah satu pertimbangan dalam memilih produk CCTV yang akan digunakan. Beberapa konsumen cukup puas dengan kamera CCTV murah tanpa peduli kualitas gambar yang dihasilkan selama CCTV mampu memantau area yang diawasi. Namun jika anda membutuhkan rekaman video dengan kualitas gambar yang tinggi sebaiknya anda  memperhatikan dengan cermat setiap detail spesifikasi yang tersedia di kemasan atau sticker yang menempel di produk CCTV sebelum membeli.

Nah sebelum Anda bisa memperhatikan dengan cermat setiap tulisan yang ada pada detail spesifikasi atau sticker label yang menempel, Anda bisa membaca terlebih dahulu artikel ini karena akan menuntun Anda untuk mendapatkan CCTV dengan gambar yang berkualitas dan mungkin saja dapat Anda beli dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut ini tuntunannya :

  1. Perhatikan pada spesifikasi yang tertulis pada kemasan atau tulisan pada pinggir lensa.
    Salah satu faktor yang paling utama untuk menghasilkan gambar yang berkualitas dalam kamera CCTV adalah ukuran sensor, ukuran sensor sendiri menjadi indikator penting sebab semakin besar ukurannya akan semakin detail gambar yang dihasilkan. Saat ini, kamera CCTV terdiri dari 2 macam ukuran sensor yaitu 1/3 inchi dan 1/4 inchi. Tentu saja ukuran 1/3 inchi jauh lebih besar, sehingga jumlah pixel sensor yang ada pada kamera tersebut sangat banyak dan memastikan kualitas gambar yang dihasilkan semakin baik. Selain itu, sensor yang besar juga diketahui mempunyai tingkat kepekaan cahaya yang lebih tinggi sehingga mampu menghasilkan gambar yang lebih baik saat kondisi ruangan kekurangan cahaya.
  2. Jenis Sensor
    Baik itu kamera CCTV tipe analog atau digital, sensor merupakan perangkat yang wajib ada agar kamera bisa menghasilkan gambar. Tanpa sensor itu artinya seperti tubuh tanpa mata, tidak bisa melihat. Dipasaran sekarang ini terdapat dua pilihan sensor, yaitu CCD dan CMOS. Masing-masing sensor punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya saja, jika penggunaan kamera CCTV untuk dalam ruangan, akan lebih baik Anda memilih kamera yang berjenis CCD. Sebab sensor jenis ini dapat menangkap gambar saat kurang cahaya, dan setiap pixel gambar yang dihasilkan akan memiliki kualitas cahaya yang sama (tidak ada bagian/area gambar yang sedikit gelap dan terlalu terang). Sementara itu, jika digunakan pada luar ruangan, kamera bersensor CMOS lebih banyak diunggulkan, sebab selain hemat listrik, kamera ini juga memiliki proses gambar yang cepat. Sehingga antara gerakan nyata dengan gambar yang direkam memiliki kecepatan yang sama.
  3. Pilih lensa yang tepat.
    Bila berbicara soal lensa, sepertinya kita akan berbicara mengenai brand/merk. Lensa kamera CCTV yang diproduksi oleh brand yang sudah memiliki pengalaman selama beberapa tahun akan lebih memiliki hasil tampilan yang berkualitas dibanding lainnya. Beberapa lensa dari brand yang dikenal mempunyai kualitas terbaik adalah Hikvision, Avtech, Sony, Samsung, dan sebagainya. Brand tersebut mempunyai kualitas lensa yang bagus dikarenakan cahaya yang ditangkap lensa dapat maksimal dan hampir sepenuhnya spektrum cahaya dapat ditangkap kecuali spektrum cahaya yang tidak dapat dilihat mata (infrared dan ultraviolet).

Itulah 3 tips yang dapat dijadikan pertimbangan untuk Anda dalam memilih kamera CCTV yang sekiranya dapat menghasilkan gambar yang berkualitas. Sehingga kini Anda tidak ditipu lagi oleh penjual yang mengatakan bahwa hasil gambar produk ini bagus tapi setelah dipasang malah menghasilkan gambar yang tidak sesuai harapan.