Jenis-jenis kamera CCTV

Dengan makin banyak hadirnya produk CCTV dengan beragam bentuk, peruntukkan serta fitur yang membuat seorang pelanggan akhirnya menjadi bingung ketika memilih, sehingga ada kemungkinan salah membeli CCTV sesuai peruntukkannya. Dalam artikel ini kami berusaha untuk mengenalkan kepada Anda berbagai macam tipe kamera CCTV yang banyak dijual dan beredar dipasaran. Berikut ini ulasannya :

Kamera CCTV Berdasarkan Lokasi Penempatannya

Salah satu pertanyaan awal yang selalu ditanyakan penjual ketika Anda berniat untuk membeli CCTV ialah menanyakan apakah kamera CCTV yang dibutuhkan untuk di pasang dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor)?

Kamera CCTV untuk indoor sendiri artinya kamera CCTV dapat dipasang pada langit-langit atau dinding suatu bangunan, fungsinya merekam segala aktivitas yang ada dalam suatu ruangan atau area yang diawasi agar sesuai dengan peraturan penggunaan ruangan yang berlaku di gedung atau hunian tersebut.

Lain lagi kamera CCTV untuk outdoor, kamera ini dirancang khusus, biasanya berbahan metal untuk bodi kameranya, agar dapat tahan terhadap cuaca panas matahari, guyuran hujan, hingga aksi pengerusakan seperti pemukulan, pelemparan dengan batu atau pencokelan untuk mencopot bagian dalam CCTV. Selain itu juga, kamera luar ruang atau outdoor juga memiliki lensa khusus yang anti kabut saat hujan atau pagi hari.

Kamera CCTV Berdasarkan Fiturnya

Jika berdasarkan fiturnya maka akan lebih beragam lagi jenis-jenis kamera CCTV, sebab masing-masing produk pasti menonjolkan sisi kelebihan yang menjadikan sebuah CCTV menjadi lengkap dan cocok untuk dibeli. Misalnya saja, fitur InfraRed (IR / IRDA). Dengan hadirnya fitur InfraRed pada kamera CCTV, membuat kamera bisa memantau suatu area atau ruangan meski tanpa kondisi cahaya disekitarnya atau gelap. Selain itu juga, ada kamera CCTV berjenis PTZ (Pan-Tilt-Zoom), kamera jenis ini mampu berotasi baik berputar, naik turun, atau melakukan fungsi zoom.

Kamera CCTV Berdasarkan Output Gambarnya

Kamera CCTV berdasarkan ouputnya dibedakan menjadi dua, yaitu digital atau analog. Jika menggunakan kamera jenis digital, ini membuat hasil rekaman video dapat langsung, tanpa perlu dilihat pada perangkat komputer atau media player (DVD Player atau TV LED/LCD). Jika menggunakan kamera analog, maka hasil rekaman harus diproses dulu dalam perangkat tambahan yaitu DVR (Digital Video Recorder) agar dapat dilihat menggunakan monitor atau diproses di komputer.

Kamera CCTV Desain Bentuknya

Kamera berdasarkan bentuknya juga cukup beragam, yang paling sering dilihat ialah kamera berbentuk DOME (kubah), BULLET (peluru / bulat), ada yang berbentuk BOX (persegi panjang), dan ada juga yang berbentuk HIDDEN CAMERA. Untuk HIDDEN CAMERA artinya memiliki bentuk apa saja untuk menyamarkan bentuk asli lensa atau kamera. Misalnya berbentuk smoke detector, wall clock, mini camera, dan masih banyak lagi.

Itulah dia penjelasan mengenai berbagai kamera CCTV yang banyak dijual dipasaran, mudah-mudahan dengan artikel ini, Anda semakin mudah untuk menentukan kamera CCTV yang tepat untuk mengawasi area atau ruangan yang ingin dipantau.