Fitur dan Jenis Kamera CCTV Outdoor

Kamera CCTV outdoor adalah garis pertahanan pertama untuk melindungi rumah, properti dan merupakan bagian penting dari sistem keamanan CCTV Anda. Pengawasan luar ruangan akan memberikan jaminan bahwa apapun atau siapa pun yang mendekati properti Anda akan terlihat dan terekam. Pemantauan ini dapat dilakukan secara real time (langsung) dari monitor, dari jarak jauh melalui fitur remote view dari komputer/laptop atau layar ponsel pintar,  juga bisa direkam secara digital sehingga dapat dilihat di lain waktu, jika diperlukan.

Selain membuat penyusup menjadi jera, keuntungan memiliki kamera CCTV outdoor adalah sebagai peringatan dini misalnya untuk mengetahui apa yang membuat suara aneh di luar atau siapa yang membunyikan bel pintu sebelum Anda membuka pintu. Hal ini akan memberi waktu bagi anda untuk bersiap menghadapi keadaan yang tidak diinginkan.

Apakah Kamera CCTV Outdoor itu?

Kamera CCTV outdoor atau sistem pengawasan multi-kamera yang akan memonitor area luar ruangan yang Anda inginkan. Umumnya penempatan jenis kamera CCTV ini adalah di pintu masuk dan jalan masuk. Tapi kebutuhan setiap pemilik properti berbeda, sehingga penempatan akan tergantung pada beberapa variabel. Pada satu pemilik rumah mungkin hanya memasang kamera di pintu masuk tapi ada juga orang yang ingin memantau seluruh halaman mereka hingga ke garasi hingga sudut-sudut taman.

Kamera pengintai outdoor tersedia dengan kamera yang menggunakan kabel atau wireless. CCTV outdoor hampir dapat ditempatkan di mana saja. Dengan DVR (perekam video digital) dan komputer atau monitor, semua gambar dari kamera CCTV dapat dilihat dari dalam rumah. Kamera CCTV outdoor juga dapat diintegrasikan ke dalam sistem keamanan rumah yang dapat memonitoring 24 jam penuh dalam sehari, siap untuk mengingatkan pemilik rumah dan membunyikan alarm dalam keadaan darurat. Selain itu pemantauan jarak jauh juga tersedia untuk pemilik rumah yang ingin melihat rekaman pada perangkat wireless seperti ponsel atau tablet. Banyak kamera yang mampu merekam dan menyimpan video sehingga dapat berfungsi sebagai bukti kejahatan bila terjadi tindakan kriminal.

Meskipun ada banyak kesamaan antara kamera CCTV indoor dan outdoor, kamera outdoor dirancang khusus dengan sudut pandang yang lebih lebar untuk mengawasi daerah yang lebih luas. Banyak kamera yang dilengkapi dengan fitur night vision untuk menangkap gambar atau video dalam kegelapan malam, dan juga dilengkapi housing pelindung tahan cuaca yang tangguh.

  • Kamera Outdoor dengan kabel
    Umumnya membutuhkan tenaga instalasi CCTV profesional. Karena keberadaan kabel yang sulit disembunyikan membuat adanya pengawasan dapat diketahui oleh penyusup sehingga ia akan mencoba untuk menghindari jangkauan kamera CCTV. Keunggulan tipe kamera CCTV ini yaitu gambar yang lebih jelas dari kamera wireless dan dapat lebih diandalkan untuk streaming. Tetapi kelemahan tipe kamera CCTV outdoor ini adalah pada kabelnya. Cuaca dan gangguan lain di luar ruangan dapat cepat merusak kabel CCTV yang terpasang.
  • Kamera CCTV Wireless
    Tipe kamera CCTV ini cocok untuk instalasi outdoor karena praktis tanpa pemasangan kabel atau tergantung pada sumber listrik. Keunggulan kamera CCTV Wireless adalah dapat ditempatkan dimana saja, serbaguna, tidak mudah terdeteksi karena tidak ada kabel yang terlihat, mudah untuk diinstal, dan dapat dengan mudah dipindahkan bila diperlukan.
  • Kamera Warna atau Hitam Putih
    Kamera CCTV warna lebih mahal daripada kamera CCTV hitam putih, tetapi memberikan kualitas yang lebih tinggi pada hasil rekaman. Kelemahan kamera CCTV ini adalah saat mengidentifikasi penyusup. Kemampuan untuk mengenali pelaku seperti warna pakaian, kulit, mata dan rambut akan sulit dilakukan.
  • Kamera dengan Lensa Lebar (Wide-Angle Lens Camera)
    Bila anda memiliki properti yang luas maka Anda dapat memilih kamera CCTV dengan lensa sudut lebar, sehingga dapat mengurangi jumlah kamera CCTV outdoor yang diperlukan. Daerah halaman belakang sangat ideal untuk jenis kamera wide angle ini karena dapat menjangkau area hingga 104 derajat dan jarak hingga 12 meter.
  • Bullet Camera
    Dinamakan bullet camera karena bentuknya yang ramping seperti peluru. Kamera tipe ini sangat cocok untuk dipasang pada dinding atau langit-langit. Bullet Camera ideal ditempatkan pada pintu masuk atau pada teras yang hanya membutuhkan pengawasan satu arah saja. Kamera peluru biasanya memiliki tidak kemampuan untuk bergerak atau melakukan zoom. Bagi penyusup, kamera ini akan mudah untuk dihindari karena selalu melihat ke arah yang sama.
  • Dome Camera
    Kamera berbentuk kubah ini cocok untuk pintu masuk namun ia akan langsung terlihat untuk siapa saja yang mendekatinya. Berbeda dengan jenis kamera peluru, penyusup akan lebih sulit mengetahui kemana kamera menunjuk. Pada tipe yang lebih baik yaitu speed dome camera, kamera dapat berputar cepat untuk menangkap bidang gambar yang lebih.
  • Kamera Tersembunyi
    Kebalikan dari kamera dome yang jelas terlihat, jenis kamera tersumbinyi (kamuflase) disamarkan sebagai barang lain seperti jam, tanaman, kotak listrik, detektor asap dan lain-lain. Sebagai alternatif, kamera dapat disembunyikan di balik tanaman atau pohon agar tidak diketahui penyusup.
  • Kamera CCTV Infrared / Night Vision Camera
    Tipe kamera ini memiliki kemampuan untuk menangkap gambar dan video dalam kegelapan malam berkat adanya LED inframerah. Fitur ini sangat diperlukan untuk sistem keamanan luar ruangan karena di waktu malam kemampuan ini akan membantu kita untuk merasa aman karena penyusup berpikir mereka bisa lolos dari pandangan kamera CCTV.
  • Kamera Tahan Cuaca (Weather Resistant Camera)
    Setiap kamera CCTV outdoor harus memiliki beberapa ketahanan terhadap cuaca dan gangguan luar ruangan lainnya. Tersedia model yang sesuai untuk setiap jenis iklim seperti hujan, salju, tempat bersuhu tinggi, atau berangin. Pelindung lensa diperlukan agar tidak terhalang oleh hujan. Selain itu juga tersedia kamera yang memiliki kontrol termostatik sehingga memungkinkan kamera untuk memanas atau mendingin sehingga mencegah kondensasi pada lensa yang dapat mengaburkan pandangan. Pertimbangkan juga kamera outdoor yang aman terhadap debu, serangga, sinar ultraviolet matahari dan juga tahan terhadap perusakan (vandal-proof camera).
  • Day/Night Camera
    Karena tingkat cahaya pada siang hari dan dampak pencahayaan buatan di luar ruangan sering berubah, kamera CCTV outdoor harus mampu menyesuaikan diri dengan ke-silau-an, refleksi, backlight, bayangan dan kegelapan pekat.
  • Kamera PTZ (Pan, Tilt, Zoom)
    Ideal untuk area luar ruangan yang luas. Kamera CCTV PTZ memiliki kemampuan untuk bergerak dan menangkap sudut-sudut berbeda yang memberikan kemampuan beberapa kamera tetap (fixed-sight cameras). Sebuah kamera CCTV PTZ dapat diprogram atau dikendalikan oleh operator dari lokasi yang jauh.