Cara Memasang Kamera CCTV Sendiri

Kamera CCTV yg dilengkapi dengan Infrared dapat ber-operasi di hampir semua kondisi pencahayaan, dari siang hari yang cerah (asal tidak mengarah langsung ke arah matahari) hingga di gelapnya malam. Kamera CCTV sangat sensitif terhadap cahaya dan karena dapat menggunakan sedikit cahaya untuk memberikan gambar yg sedang dilihatnya. Dalam kondisi cahaya rendah, gambar yang dihasilkan berupa hitam dan putih.

Dalam kondisi gelap gulita, kamera CCTV yg menggunakan LED infra merah built-in untuk menerangi area di depannya. Lampu ini tidak dapat terlihat oleh mata manusia, meskipun demikian Anda mungkin akan melihat cahaya merah samar yang datang dari depan kamera. Pada siang hari atau pada lingkungan yang cukup terang, fitur IR Cut Filter pada kamera CCTV akan aktif untuk menyaring panjang gelombang cahaya yang tidak diperlukan kamera untuk memberikan gambar warna yang lebih jelas.

Memilih Lokasi Pemasangan Kamera CCTV yang Tepat

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lokasi untuk pemasangan kamera CCTV yang tepat adalah:

  1. Apa yang ingin di pantau dan di mana Anda akan mendapatkan tampilan terbaik?
  2. Bagaimana Anda akan menghubungkan kamera CCTV tersebut  ke DVR CCTV. Perlu ingat bahwa kabel dan koneksi harus dijauhkan dari cuaca seperti hujan.
  3. Bagaimana menjaga kamera CCTV jauh dari bahaya. Sangat dianjurkan untuk memasang kamera CCTV Anda di posisi yang tinggi.
  4. Tempatkan kamera CCTV Anda sedekat mungkin dengan area tertentu yang ingin diawasi. Posisi terbaik adalah dari atas sekitar 4 meter.
  5. Pertimbangkan tentang kemungkinan besar cara pencuri potensial mendekati rumah Anda. Gunakan kamera CCTV Anda untuk mendapatkan gambar terbaik dari tempat tersebut.
  6. Casing kamera CCTV pada umumnya tahan terhadap air serta kondisi cuaca yang berbeda sehingga akan sulit merusak housing kamera CCTV. Namun untuk kabel dan konektor masih rentan dan membutuhkan perlindungan tambahan.
  7. Meskipun kamera tahan cuaca dan anti air namun kontak yang terlalu lama dengan kondisi cuaca buruk seperti sinar matahari atau kelembaban yang berlebihan akhirnya dapat merusak komponen internal dan mempengaruhi kinerja kamera CCTV.
  8. Saat memasang kabel CCTV, hindari untuk menekuk kabel pada sudut tajam. Jangan memasang kabel di dekat kabel listrik. Arus listrik yg ada akan menghasilkan “noise” yang dapat mengganggu sinyal dari kamera CCTV Anda.

Cara Memasang Kamera CCTV Sendiri

  1. Hubungkan output video dan kabel power listrik DC kamera dengan koneksi yang sesuai.
  2. Hubungkan ujung kabel masing-masing koneksi pada input video pada DVR.
  3. Pastikan ujung kabel terkunci dengan baik.
  4. Sambungkan power adaptor ke stop kontak.
  5. Bila menggunakan banyak kamera, gunakan kabel power splitter (jika ada).

Tips Cara Pemasangan kamera CCTV

Kamera CCTV infrared dapat dipasang pada permukaan datar, vertikal atau horizontal dengan menggunakan sekrup pemasangan yang disediakan. Permukaan harus memiliki kekuatan yang cukup untuk memegang kamera. Bahan seperti kayu, batu bata atau batu adalah pilihan yang baik. Anda juga dapat memasang kamera CCTV ke permukaan logam, tetapi Anda akan perlu menyediakan perangkat mounting tambahan sendiri.

Cara Pemasangan Kamera CCTV:

  1. Posisikan kamera CCTV di lokasi yang ingin Anda pasang, dan tandai posisi lubang sekrup pada permukaan. Gunakan sekrup yang tepat sesuai dengan jenis permukaan agar kamera CCTV dapat terpasang dengan kuat.
  2. Jika Anda memasang kamera CCTV pada kayu, sekrup kamera  CCTV langsung ke permukaan.
  3. Untuk mengarahkan kamera, kendurkan tiga sekrup yang terletak di dasar kamera CCTV. Kubah penutup bisa diputar kiri atau kanan.
  4. Kamera dapat diarahkan ke hampir semua arah. Setelah Anda selesai menyesuaikan sudut pandang kamera, kencangkan kembali semua sekrup untuk mengunci posisi kamera CCTV di tempatnya.
  5. Saat memasang kabel CCTV, cobalah untuk menghindari menekuk kabel pada sudut tajam. Hindari kabel listrik. Arus listrik menghasilkan “noise” yang dapat mengganggu sinyal dari kamera CCTV Anda.